-->

Cara Persiapan Tambak

Assalam Link - Persiapan Tambak untuk usaha budidaya di tambak, sebelum pembahasan lebih lanjut, terlebih dahulu di sampaikan beberapa pokok pembahasan pada postingan kali ini yaitu :
  1. Pendahuluan
  2. Fungsi dan Tujuan Persiapan
  3. Langkah-langkah Persiapan
  4. Kesimpulan
Nah, perta-tama mari mulai membaca beberapa pokok-pokok pembahasan tersebut.

PENDAHULUAN
Kunci utama keberhasilan usaha budidaya di tambak adalah mempersiapkan tambak dengan sebaik-baiknya sebelum tambak ditebari.
Disamping itu perlakuan-perlakuan yang diterapkan dalam kegiatan-kegiatan persiapan tambak harus sedemikian rupa, sehingga produksifitas tambak dapat dipertahankansecara berkesinambungan.

FUNGSI DAN TUJUAN PERSIAPAN TAMBAK
Ada 6 (enam) tujuan pokok dalam persiapan tambak :
  1. Menguraikan bahan organik atau sisa-sisa pakan yang menumpuk pada dasar tambak.
  2. Mengoksidasi asam belerang (H₂S) yang ada di dasar yambak.
  3. Memberantas hama, baik hama pemangsa maupun hama penyaing.
  4. Meningkatkan derajat keasaman tanah atau pH tambak.
  5. Meningkatkan kesuburan tambak atau pertumbuhan pakan alami dengan melakukan pemupukan.
  6. Mengairi tambak sehingga siap ditebari.
LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN TAMBAK
Langkah-langkah yang dapat di tempuh pada persiapan tambak terdiri dari :
1. Perbaikan Konstruksi
Sebagai wadah pemeliharaan, konstruksi tambak harus dipersiapkan dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada masa pemeliharaan.
Assalam Link - Persiapan Tambak untuk usaha budidaya di tambak, sebelum pembahasan lebih lanjut, terlebih dahulu di sampaikan beberapa pokok pembahasan pada postingan kali ini yaitu : Pendahuluan Fungsi dan Tujuan Persiapan Langkah-langkah Persiapan Kesimpulan Nah, perta-tama mari mulai membaca beberapa pokok-pokok pembahasan tersebut. I. PENDAHULUAN  Kunci utama keberhasilan usaha budidaya di tambak adalah mempersiapkan tambak dengan sebaik-baiknya sebelum tambak ditebari.  Disamping itu perlakuan-perlakuan yang diterapkan dalam kegiatan-kegiatan persiapan tambak harus sedemikian rupa, sehingga produksifitas tambak dapat dipertahankansecara berkesinambungan.
Perbaikan konstruksi tambak meliputi perbaikan pematang dan pintu air, sehingga dapat menampung air sebagai tempat pemeliharaan ikan.

2. Pengeringan Tambak
Keringkan dasar tambak secara merata dengan membuang air tambak secara total hingga tanah dasar mengalami retak-retak. Pengeringan tambak bertujuan untuk proses penguraian bahan organik dan gas-gas beracun.
Langkah-langkah yang dapat di tempuh pada persiapan tambak terdiri dari : Perbaikan Konstruksi, Pengeringan Tambak, Pemberantasan hama, Penumbuhan pakan alami.
Pengeringan juga memudahkan untuk perbaikan konstruksi. Pengeringan dilakukan selama 5 – 7 hari. Setelah itu pintu pengeluaran tambak ditutup dan dipasangi saringan halus berukuran mata 1 mm.

3. Pemberantasan hama
Apabila pengeringan tambak dapat dilakukan secara merata dengan kata lain tidak ada bagian tambak yang masih menggenang dan saringan halus selalu digunakan pada pintu tambak, maka hampir dipastikan bahwa hama-hama mengalami kematian.

Namun demikian apabila masih ada bagian-bagian yang masih tergenang, maka harus dilakukan pemberantasan hama. Pemberantasan hama dilakukan dengan menggunakan saponin dengan dosis 10-15 kg/ha. Pemberantasan hama dilakukan pada hari 3-5 pengeringan tambak.

4. Penumbuhan Pakan alami
Untuk menumbuhkan pakan alami dalam tambak, maka perlu dilakakuan pemupukan, pemupukan dilakukan 3 hari setelah pemberantasan hama.

Pupuk yang digunakan adalah urea 250 kg dan SP 36 250 kg yang ditebar secara merata, setelah itu diair setinggi 5 cm, kemudian diairi secara bertahap sesuai dengan keinginan sambil menunggu pakan alami (klekap) tumbuh.

Ketersediaan pakan alami merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan bandeng selama pemeliharan.

KESIMPULAN
Agar usaha budidaya di tambak berhasil dengan baik, dengan kata lain produksi dan produksifitas tambak dapat dipertahankan secara berkelanjutan, maka sistem budidaya yang baik perlu diterapkan.

Salah satu aspek penting dalam kegiatan budidaya di tambak adalah Persiapan Tambak sebelum dilakukan penebaran. Disamping itu diperlukan juga kerjasama petani dalam kelompok dan antar kelompok (Jika dilakukan secara berkelompok).

Demikian postingan kali ini mengenai Cara Persiapan Tambak, semoga bisa membantu. Terima Kasih.
loading...

Berlangganan artikel terbaru via email (GERATIS):

0 Response to "Cara Persiapan Tambak"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog Assalam Link :
1. Kalimat/Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk dan Jenisnya.
4. Link Aktif/Mati, Tidak Dipublikasikan dan Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Lihat Juga Di Sini & Terima Kasih Sudah Melihatnya
Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...