-->

Cara Daftar Blog Di Alexa Lengkap

Assalam Link - Mendaftarkan Blog Di Alexa Sampai Dengan Verifikasi. Alexa merupakan alat untuk mengukur sebaik apa blog yang kita punya atau dengan kata lain adalah alat untuk mengetahui kualitas sebuah blog atau website. Sebuah blog yang memiliki peringkat alexa ramping atau peringkat yang tinggi memiliki nilai tersendiri, terutama bagi blog yang menjual link, memiliki affliasi, atau blog yang nice/topik khusus untuk sebuah bisnis.

Terutama blog yang ikut dibeberapa program affliasi, menjadi publiher, baik yang bersifat publisher iklan PPC, PPA, dan lain sebagainya.
Selain itu juga sangat bermanfaat bagi sahabat blogger yang baru bergelut di dunia blogger. Karena dengan adanya fasilitas alexa tersebut kita dapat melihat peringkat blog yang kita punya, baik itu secara global maupun secara nasional.

Selain hal yang tersebut di atas, banyak juga blogger yang percaya bahwa dengan mendaftarkan atau memiliki akun alexa dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) atau Optimisasi Mesin Pencari google. Untuk mendapatkan/meningkatkan SEO tergantung kita bagaimana mengelolanya dan menjalankannya.

Nah bagi sahabat blogger yang pemula silahkan mendaftar di blog alexa tersebut, supaya sahabat bisa mengetahui berada di peringkat berapakah blog yang sahabat miliki. Untuk mendaftar di alexa tidak sulit dan tidak susah hanya bermodalkan sebuah email saja.
Jika sahabat beminat silahkan ikuti beberapa cara mendaftar blog alexa tersebut di bawah ini.

Cara Daftar Akun di Alexa
Untuk mendaftar silahkan ikuti beberapa langkah-langkah berikut ini.
  1. Yang pertama sekali sahabat harus mengunjungi situs/alama resmi alexa.com
  2. Jika sudah masuk silahkan klik Sign In atau Sign Up yang terletak di sebelah kanan atas.
    Alexa merupakan alat untuk mengukur sebaik apa blog yang kita punya atau dengan kata lain adalah alat untuk mengetahui kualitas sebuah blog atau website.  Sebuah blog yang memiliki peringkat alexa ramping atau peringkat yang tinggi memiliki nilai tersendiri, terutama bagi blog yang menjual link, memiliki affliasi, atau blog yang nice/topik khusus untuk sebuah bisnis. Terutama blog yang ikut dibeberapa program affliasi, menjadi publiher, baik yang bersifat publisher iklan PPC, PPA, dan lain sebagainya.
  3. Kemudian silahkan isi formulir sesuai dengan data-data sahabat. Pada tahap ini sahabat bisa login jika sudah memiliki akun dan bisa juga login/Sign dengan akun facebook, jika belum langsung aja klik Create an Account.
    sangat bermanfaat bagi sahabat blogger yang baru bergelut di dunia blogger. Karena dengan adanya fasilitas alexa tersebut kita dapat melihat peringkat blog yang kita punya, baik itu secara global maupun secara nasional.
  4. Setelah klik Create an Account akan tampak form isian yang tampilannya kurang lebih sama dengan bambar berikut, silahkan isi data sesuai keinginan dan yang sesuai dengan yang diinginkan form tersebut. Seperti Nama Pertama, Nama Terakhir, Alamat Email, dan lain sebagainya.
    banyak juga blogger yang percaya bahwa dengan mendaftarkan atau memiliki akun alexa dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) atau Optimisasi Mesin Pencari google. Untuk mendapatkan/meningkatkan SEO tergantung kita bagaimana mengelolanya dan menjalankannya.
  5. Formulir sudah di isi dengan data yang benar, silahkan klik Create an Account dan selesai.
Nah akun alexa sahabat sudah, dan jika di minta untuk menverifikasi pendaftaran akun yang baru saja di buat, silahkan cek email masuk sahabat dari alexa. Email tersebut biasanya berisi informasi pendaftaran beserta alamat URL untuk dipakai menverifikasi akun yang di buat.
Baca : Cara Mendaftar dan Verifikasi Blog Di Google Webmaster Tool

Sampai pada tahap ini sahabat sudah memiliki sebuah akun yang berada di blog alexa.com.
Selanjutnya kita ke tahap berikutnya yaitu menambahkan blog ke alexa.

Cara Menambahkan Blog atau Submit/Add My Site di Alexa
Sudah memiliki akun, sampai disitu belum selesai sekarang ke tahap berikutnya :
  • Pertama-tama Login/Sign ke akun yang sudah sahabat buat tadi.
  • Kemudian akun sahabat sudah masuk, cari My Sites kalau tidak muncul klik Dashboard.
  • Jika My Site muncul klik +Add My Site.
  • Silahkan isi dengan alamat URL blog sahabat dan klik View Plans & Pricing.
  • Pilih yang Basic atau yang free, selesai dan jangan langsung di tutup dulu (Masih ada proses selanjutnya).
Loo... ko napa gitu tidak lanjut, kan belum selesai... ???
Iyya karena jika di lanjutkan klik Start Your 7-Day Free Trial, maka akan lanjut ke tahap proses untuk pengusian data prabayar, alias tidak gratis... jika sahabat mau yang berbayar silahkan, malah lebih baik. Hehehehe.....
Jadi kalau untuk yang free, kita ke langkah selanjutnya yaitu Verifikasi Site/blog.

Cara Klaim dan Verifikasi Site/Blog di Alexa
Masih di menu atau halam View Plans & Pricing, kita akan klaim dan menverifikasi site yang sudah kita masukkan tadi, caranya sebagai berikut.
  • Cari dan klik kata claiming your site atau Perhatikan gambar dan yang di lingkari warna merah di bagian bawah.
Masih di menu atau halam View Plans & Pricing, kita akan klaim dan menverifikasi site yang sudah kita masukkan tadi, caranya sebagai berikut.
  • Masukkan lagi alamat URL blog sahabat, dan klik Continue.
  • Kemudian beralih ke proses klaim/claim site dan pilih metode klaim yang di inginkan, karena terdapat 3 cara claim site. Tetapi disini saya ambil sebagai metode yang kedua yaitu (Add an Alexa Verification ID to your homepage), karena saya rasa mudah.
  • Klik metode yang dipilih dan akan muncul ID Verifikasi dan copy Script meta tag yang tertera. Tampilannya kurang lebih sama dengan gambar berikut (Jangan Langsung Verifikasi).
    Kemudian beralih ke proses klaim/claim site dan pilih metode klaim yang di inginkan, karena terdapat 3 cara claim site. Tetapi disini saya ambil sebagai metode yang kedua yaitu (Add an Alexa Verification ID to your homepage), karena saya rasa mudah. Klik metode yang dipilih dan akan muncul ID Verifikasi dan copy Script meta tag yang tertera. Tampilannya kurang lebih sama dengan gambar berikut (Jangan Langsung Verifikasi).
CATATAN : JANGAN DITUTUP ATAU LANGSUNG KLIK TOMBOL Verify my ID, karena kode script meta tag tersebut kita akan menempatkannya di blogger.

Caranya Menempatkan ID Verifikasi Claim Alexa di blog.
Memasukkan ID Verifikasi Alexa di blog di lakukan dengan cara :
    1. Masuk ke dashboard blog sahabat dengan membuka halaman baru pada browser yang di pakai.
    2. Di menu utama blogger pilih dan klik Template.
    3. Klik Edit HTML dan cari kode <head>, biasanya berada di bagian atas.
    4. Paste kode ID Verifikasi Claim Alexa tadi yang ada di halaman metode claim (halaman alexa), paste tepat di bawah kode <head>.
    5. Jika sudah selesai klik Simpan Template.
  • Kalau semua proses di atas suda selesai, kembali lagi ke halaman verifikasi alexa, lalu baru klik Verify my ID.
  • Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.
Jika dilakukan dengan benar seharusnya sudah jadi dan berhasil.
Sekarang sahabat sudah mempunyai blog yang terkait dengan alexa.
Setelah itu semuanya selesai tentunya masih ada lagi yang harus di lengkapi yaitu mengedit atau melengkapi daftar situs.

Cara Mengedit Daftar Situs/Blog
Proses yang sahabat sudah lakukan di atas tentunya sudah jadi namun alangkahnya baiknya jika di lengkapi beberapa data yang masih belum lengkap.
Alasannya mungkin sahabat bisa menjawabnya sendiri, dengan kronologinya kurang lebih seperti ini, "misalnya jika sabat pergi ke mall berbelanja tidak memakai sepatu yang lengkap, pastinya terasa kurang kan??? dan bahkan merasa malu... Hehehehe..." Ngelantur nih...

Okey kembali ke pokok pembahasan, yaitu caranya sebagai berikut.
  1. Setelah melakukan Verify my ID, langsung klik Dashboard.
  2. Klik menu Site Management >>> sub menu Edit Site Listing.
  3. Kemudian silahkan isi semua kolom Site Information, seperti Site Title/Judul Blog, Site Description/Deskripsi blog, dan lain sebagainya.
  4. Untuk mengetahui peringkat/trafik blog di negara tertentu, silahkan pilih negara yang di inginkan, misalnya jumlah trafik blog yang kita miliki khusus di Indonesia dan lain sebagainya. Silahkan pilih negara di bagian Alexa Traffic Rank in Country di bagian bawah.
  5. Sudah selesai klik Save Changes.
Itulah penjelasan mengenai Cara Daftar Blog di Alexa mulai dari pendaftaran sampai kelengkapan informasi situs/blog.
Jika terdapat kekurangan mohon konfirmasinya, begitu pun kritik dan sarannya saya harapkan, dan tentunya saya menerima kritik/saran yang sifatnya membangun/bermanfaat.

Update :
Pendaftaran blog di alexa.com sekarang tidak ada lagi yang free. Jadi buat sahabat blogger yang mau mendaftarkan blog ke Alexa silahkan menggunakan yang berbayar.

Demikian postingan kali ini mengenai Cara Daftar Blog Di Alexa Lengkap Sampai Verifikasi, semoga bermanfaat dan bisa membantu. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Terima kasih.
loading...

Berlangganan artikel terbaru via email (GERATIS):

8 Responses to "Cara Daftar Blog Di Alexa Lengkap"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. @Isp Hacked, makasi gang atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. Alexa merupakan alat untuk mengukur seberapa baik apa blog yang kita kelola. Untuk mendaftarkan blog di Alexa dilakukan tahap demi tahap. Informasi mengenai cara daftar blog pada alexa lengkap

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banya atas kunjungannya, dan semoga peroses pendaftaran blognya di Alexa berlangsung dengan sempurnya.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banya atas kunjungannya, dan semoga peroses pendaftaran blognya di Alexa berlangsung dengan sempurnya.

    ReplyDelete
  6. Saat ini untuk versi gratis alexa sudah dihilangkan jadi hanya untuk versi berbayara saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya gan, alexa untuk versi gratisnya uda tidak ada lagi, jadi buat teman-teman blogger yang mau buat akun di alexa haru bayar.
      Oia, terima kasih gan udah mampir di blog ini

      Delete

Tata Tertib Berkomentar di Blog Assalam Link :
1. Kalimat/Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk dan Jenisnya.
4. Link Aktif/Mati, Tidak Dipublikasikan dan Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Lihat Juga Di Sini & Terima Kasih Sudah Melihatnya
Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...