-->

Cara Untuk Mengetahui Tipe Mainboard

Assalam Link, Mengetahui Tipe Mainboard - Pengguna komputer (PC) atau Laptop tentunya sudah mengetahui sedikit banyaknya tentang komputer, laptop yang di pakainya. Tetapi ada juga yang sekedar hanya pakai saja. Ketika di tanya, apa tipe mainboard komputer yang anda pakai,?, mereka tidak tau, nah hal ini kebanyakan terjadi.
Saya sendiri membuktikan di antara beberapa teman dekat yang memiliki komputer, laptop.
Beberapa teman saya tersebut tidak semuanya sih mereka tidak tahu, tapi kebanyakan tidak tau dari pada yang tau. Tetapi menurut pengalaman saya, bagi mereka yang sudah tau Tipe Mainboard dia gunakan adalah mereka yang bergelut di dunia komputer dan pernah belajar mengenai berbagai tentang komputer.
Assalam Link, Mengetahui Tipe Mainboard - Pengguna komputer (PC) atau Laptop tentunya sudah mengetahui sedikit banyaknya tentang komputer, laptop yang di pakainya. Tetapi ada juga yang sekedar hanya pakai saja.  Ketika di tanya, apa tipe mainboard komputer yang anda pakai,?, mereka tidak tau, nah hal ini kebanyakan terjadi.   Saya sendiri membuktikan di antara beberapa teman dekat yang memiliki komputer, laptop.  Beberapa teman saya tersebut tidak semuanya sih mereka tidak tahu, tapi kebanyakan tidak tau dari pada yang tau.  Tetapi menurut pengalaman saya, bagi mereka yang sudah tau Tipe Mainboard dia gunakan adalah mereka yang bergelut di dunia komputer dan pernah belajar mengenai berbagai tentang komputer.
Sedangkan mereka yang tidak tau sama sekali, bisa dikatakan itu adalah pemakai saja, mereka itu menganggap mengetahui Tipe Mainboard tidaklah penting. Padahal ketika komputernya rusak dan kerusakan itu terdapat pada mainboard, mereka tidak tau apa-apa ketika dia ditanya oleh tukang service pada saat dia membawanya ke tukang service.

Bukan hanya persolan tersebut, tetapi pada saat kita mau mengganti mainboard komputer yang rusak, tentunya kita harus menggantinya dengan yang baru. Tapi kita mau mengganti mainboard yang sama (mainboard yang rusak), nah, lagi-lagi kita terkendala untuk membeli yang sama.
Yah, tidak ada juga patokan harus menggantinya yang sama persis, dan tidak ada juga keharusan untuk Mengetahui Tipe Mainboard yang sedang kita pakai.

Terus kalau kita mau mengetahui jenis mainboard pada komputer, laptop, caranya bagaimana??.
Untuk mengetahuinya ada beberapa cara yang bisa kita tempuh di antaranya sebagai berikut.
    1. Mengetahui mainboard dengan fitur bawaan windows.
    2. Mengetahui dengan membongkar atau membuka penutup mainboard.
Mengenai penjelasan ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut.

Cara Mengetahui Tipe Mainboard Komputer, Laptop
- Mengetahui Jenis/Tipe Mainboard dengan Fasilitas Bawaan Windows
  • Untuk mengetahui jenis mainboard dengan bawaan waindows dapat dilakukan dengan cara berikut.
  • Tekan tombol {Windows + tombol R} di keyboard komputer, laptop Anda tanpa tanda {,}.
  • Kemudian muncul semacam kolom isian pencarian, silahkan ketik dxdiag  kemudian tekan tombol Enter.
  • Setelah itu akan muncul kotak menu yang berisikan informasi yang ada dalam mainboard, gambarnya kurang lebih sama dengan gambar berikut ini.
Untuk mengetahui jenis mainboard dengan bawaan waindows dapat dilakukan dengan cara berikut. Tekan tombol {Windows + tombol R} di keyboard komputer, laptop Anda tanpa tanda {,}. Kemudian muncul semacam kolom isian pencarian, silahkan ketik dxdiag  kemudian tekan tombol Enter. Setelah itu akan muncul kotak menu yang berisikan informasi yang ada dalam mainboard, gambarnya kurang lebih sama dengan gambar berikut ini.
  • Dari keterangan gambar di atas, itu menandakan jenis tipe mainboard yang saya pakai di laptop adalah HEWLETT-PACKARD SLIC-MPC
- Mengetahui Jenis Mainboard Dengan Membuka Penutup CPU
Selain cara di atas, jika tidak berhasil silahkan lakukan langkah terakhir yaitu membuka/membongkar penutup mainboard/CPU.
Cara ini sahabat bisa melakukannya dengan cara membuka penutup pada CPU. Setelah membukan punutupnya sahabat akan melihat serangkaian kabel dan beberapa elemen-elemen melekat pada mainboard (papan skema berisi beberapa elemen seperti chipset, slot untuk memori/RAM), tampilannya kurang lebih sama dengan gambar berikut ini.
Selain cara di atas, jika tidak berhasil silahkan lakukan langkah terakhir yaitu membuka/membongkar penutup mainboard/CPU.  Cara ini sahabat bisa melakukannya dengan cara membuka penutup pada CPU. Setelah membukan punutupnya sahabat akan melihat serangkaian kabel dan beberapa elemen-elemen melekat pada mainboard (papan skema berisi beberapa elemen seperti chipset, slot untuk memori/RAM), tampilannya kurang lebih sama dengan gambar berikut ini. Pada gambar di atas sahabat bisa melihat beberapa tulisan menandakan tipe/jenis mainboard sahabat pakai, seperti tulisan rule di lingkari warna merah di dalam lingkaran warna kuning nomor lima (5).
Pada gambar di atas sahabat bisa melihat beberapa tulisan menandakan tipe/jenis mainboard sahabat pakai, seperti tulisan rule di lingkari warna merah di dalam lingkaran warna kuning nomor lima (5).
Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Cara Untuk Mengetahui Tipe Mainboard & Spesifikasi Komputer, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi Anda ingin mencari berbagai Software System supaya cocok untuk komputer.

Dan terpenting adalah bagi anda ingin membeli komputer atau laptop computer baru, sebelum membelinya silahkan cari tahu terlebih dahulu berbagai tips memilih komputer, laptop sesuai dengan kebutuhan, beserta informasi tentang komputer/laptop yang Anda akan beli.
loading...

Berlangganan artikel terbaru via email (GERATIS):

0 Response to "Cara Untuk Mengetahui Tipe Mainboard"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog Assalam Link :
1. Kalimat/Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk dan Jenisnya.
4. Link Aktif/Mati, Tidak Dipublikasikan dan Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Lihat Juga Di Sini & Terima Kasih Sudah Melihatnya
Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...