-->

Evolusi Microsoft Windows Dari Masa Ke Masa

Pasti banyak dari anda yang sudah tidak absurd mendengar kata windows, windows sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan memakai antarmuka pengguna grafis. perlu diketahui sistem operasi windows telah berevolusi dari MS DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis teks dan command line.

Microsoft sendiri sudah mengembangkan windows mulai dari tahun 1985, jadi masuk akal saja sistem operasi ini banyak dikenal oleh pengguna komputer, alasannya memilki tampilan interface yang gampang dimengerti dibanding dengan sistem operasi lain ibarat Sistem Operasi Unix dan juga Mac OS.

Windows sendiri mempunyai sumbangan hardware yang lengkap jadi anda tidak susah mencari sebuah software untuk kemdian diinstall

Namun anda sebagai pengguna sistem operasi ini, apakah anda tau mengenai sejarah perkembangan windows dari masa ke masa ?? berikut ialah ulasannya :

1. Windows 1


Sistem operasi ini dirilis oleh microsoft pada november tahun 1985, sistem operasi ini terbilang sangat ringan alasannya hanya memilki ukuran kurang dari 1 mb dan mempunyai tampilan warna interface 16bit didalam windows 1 ini anda sudah sanggup mengakses jadwal paint, notepad, clipboard dan pemroses kata yang ibarat sekali degan notepad, dalam sistem operasi ini juga terdapat jam, kalender dan juga control panel, namun dalam bentuk yang masih sangat sederhana.

2. Windows 2


Perlu diketahui, sistem operasi ini diluncurkan bersamaan dengan debut jadwal aplikasi word dan juga excel yang membuatnya sukses dipasaran.

Sistem operasi ini merupakan kembangan lajutan dari sistem operasi sebelumnya yakni windows 1, sistem operasi ini dirilis pada tahun 1987. Terdapat pembaharuan lainnya di dalam sistem operasi ini yaitu :
Grafis VGA

Dan merpakan sistem operasi terakhir yang memakai floopy disk dan tidak memakai harddisk.

3. Windows 3


Sistem operasi ini rilis pada bulain mei 1990, dalam versi ini, microsoft berhasil mengembangkan sebuah sistem operasi yang bisa menandingi Apple Macintosh, alasannya sudah banyak yang menilai bahwa sistem operasi ini mempunyai interface yang cukup baik, dalam perkembanganya microsoft telah memperbaiki bug bug yang ada di versi yang sebelumnya, dan juga sumbangan terhadap multimedia.

4. Windows NT

Sistem operasi ini muncul pertama kali dalam bentuk beta pada para pengembang perangkat lunak pada juli 1992. Namun sangat disayangkan alasannya sumbangan device driver untuk windows NT kurang begitu banyak, alasannya memang banyak para programmer yang kesulitan untuk mengembangkan device drivernya alasannya memang sedikit sulit, terlebih penjulan windows NT ini juga masih terbatas.

Jadi bisa dibilang Microsoft gagal menciptakan sebuah sistem operasi yang nyaman sebagai pengganti sistem operasi yang kemudian ibarat Windows 3, namun produk ini cukup bersaing dengan UNIX

5. Windows 95

Microsoft mulai mengembangkan sebuah versi windows yang diberi nama isyarat Chicago, walaupun versi windows ini mempunyai standar jadwal antarmuka gres yang berbasis 32 bit, namun banyak bab dalamnya yang masihberupa 16 bit, bahkan kernelnya pun masih 16 bit, sistem operasi ini dirilis oleh microsoft pada 24 Agutus 1995,

Namun perlu anda ketahui, versi windos ini memilki sumbangan jalan masuk internet built in, plug and play, yang tentu saja sanggup memudahkan anda pada ketika menginstall suatu software baru

6. Windows NT 4.0

Diciptakan sebagai penerus Windows NT 3.X yang keberadaannya bisa mengancam  dominasi Novell Netware dan UNIX di pasar korporat, sistem operasi ini memakai atmpilan antarmuka yang sama dengan windows 95 namun memakai kernel yang sama dengan Windows NT

7. windows 98

Kalau dalam versi sebelumnya microsoft memakai isyarat Chicago untuk pengembangan Windows 95, kali ini Microsoft memakai isyarat yang diberi nama Memphis dideskripsikan sebagai sistem operasi "Works Better, Plays Better", windows 98 punya web browser yang terintegrasi dengan internet explorer, selain itu juga terdapat windows 
address book Frontpage Express, Personal Web Server dan Web Publishing Wizard

8. Windows 2000

Microsoft Windows merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebelumnya versi ini dikenal dengan sebutan NT 5.0, Ada beberapa fitur yang signifikan yang mulai dikembangkan dalam sistem operasi ini, misalnya Active Directory, yaitu sebuah model jaringan, pengganti model jaringan NT Domain, yang memakai teknologi yang menjadi dasar industri.

Di dalam perkembangan sistem operasi ini juga ada beberapa hal yang ditingkatkan seperti, peningkatan Device manager, Windows Media Player dan juga Directx 6.1 yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk bermain game. Versi ini juga dirancang untuk gampang digunakan, punya compabilitas komputer dan support Mobile Computing.

9. Windows ME

Siapa sangka, sesudah di bulan februari 200o merilis sebuah sistem operasi yang berjulukan Windows 2000, dan pada bulan september 2000 microsoft kembali merilis sebuah sistem operasi yang dinamkan Windows Milenium Atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows ME.

Sistem operasi ini merupkan pembaruan dari windows 98 dengan sumbangan multimedia dan internet yang lebih baik, selain itu di dalam sistem operasi ini juga sudah tersedia system restore, yang memungkinkan anda untuk mengembalikan keadaan sistem ketika sistem operasi tersebut mengalami kegagalan, dan Microsft juga telah memasukan sebuah software edit video, yang diberi nama Windows Movie Maker.

10. Windows XP

Pada tahun 2001, microsoft telah memperkenalkan kembali sebuah sistem operasi yang diberi nama Windows XP, sistem operasi ini memakai kernel Windows NT 5.1, alasannya terkenal dengan kestabilannya.

Bahkan sampai ketika ini masih banyak kita temukan komputer yang masih memakai sistem operasi ini, alasannya memang mempunyai interface yang simple, dan juga mempunyai ukuran file yang tidak terlalu besar.

11. Windows Server 2003

Pada 24 aprill 2003, Microsoft meluncurkan sebuah sistem operasi yang menunjukkan fitur fitur keamanan baru, pemandu Manage Your Server Wizard,  yang menyederhanakan tugas sebuah msin yang menjalankannya dan juga peningkat kerja

12. Windows Fundamentals for Legacy PCs (platform thin client)

Pada bulan Juli 2006, Microsoft kembali merilis sebuah versi Windows XP SP 2 `(Service Pack 2), yang ditujukan untuk pasar thin-client, yang disebut sebagai Windows Fundamentals for Legacy PCs (WinFLP). WinFLP hanya tersedia bagi para pelanggan Microsoft Software Assurance.

Tujuan dibuatnya WinFLP ialah untuk mengatakan pilihan upgrade kepada para pelanggannya yang masih memakai Windows 95, Windows 98, Windows Me, dan Windows NT Workstation. Sebagian besar aplikasi pengguna dijalankan di atas mesin jarak jauh dengan memakai Terminal Services atau Citrix.

13. Windows Vista

Mulai dirilis pada tanggal 30 November 2006, sistem operasi ini dicanangkan mempunyai keamanan yang lebih tangguh kalau dibandingkan dengan sistem operasi yang terdahulu, diperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas yang disebut sebagai User Acount Control (UAC), untuk mengganti sebuah filosofi Administrator By Default yang diberlakukan pada windows XP.

Memilki sebuah fitur grafik yang lebih memikat para user (Windows AERO GUI), Microsoft juga memuat sebuah aplikasi gres seperti, Windows Calendar, Windows DVD Maker, dan beberapa game termasuk Chess Titans, mahjong, Purble Place. Meski Windows Vista cukup terkenal di pasaran, namun sangat disayangkan alasannya masih banyak beberapa software yang kurang kompatibel dengan windows versi ini.

14. Windows Server 2008

Windows Server 2008, ialah sebuah versi gres Windows Server, yang dirilis oleh micorsoft pada 27 Februari 2008. Pada ketika pengembangannya, Windows Server mempunyai nama isyarat "Windows Server Codenamed Longhorn." Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan semoga bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003.

15. Windows 7

Saat pertama kali dirilis oleh microsoft, windows 7 sebelumnya dikenal dengan nama Blackcomb dan Vienna, dirilis dengan memakai Kernel NT v6.1 build 7600, dirilis pada tanggal 22 oktober tahun 2009.

Terdapat beberapa fitur lain seperti, sistem keamanan yang baik, kemudian jump list, taskbar yang membuka jadwal dengantampilan yang kecil  Windows media player 12, Internet Explorer 8 Dan masih banyak lagi. Memiliki tampilan yang menarik, dan memilki spesifikasi yang lebih ringan kalau dibandingkan dengan windows vista, dan pastinya harganya lebih murah.

16. Windows 8

Windows 8 dirilis oleh microsoft pada tahun 2009, memilki tampilan interface yang sangat berbeda dengan versi windows sebelumnya, maka banyak para konsumen yang merasa gundah akan adanya hal ini, alasannya memang selain dengan tampilan interface yang berbeda, pengaturan sistem operasi ini juga cukup sulit kalau dibanding windows 7.

Di dalam sistem operasi ini, ada beberapa jadwal aplikasi bawaan yang dihapus, ibarat Movie Maker dan juga Windows Live Writter, namun jadwal aplikasi ini masih bisa di download dan diinstall secara manual.

17. Windows 8.1
Setelah windows 8 tampilan sebagai sistem operasi dengan tampilan yang bebeda, pada tahun 2013, microsoft kembali merilis sebuah lanjutan sistem operasi, yakni windows 8.1, sistem operasi ini awanya dikenal dengan sebutan blue, beberapa tampilan interface nya pun terlihat lebih fleksibel kalau dibandingkan dengan windows 8.

Windows 8.1 Didesain untuk sanggup membuka sebuah jadwal aplikasi dalam waktu yang bersamaan, bahkan bisa mencapai 4-5 jadwal aplikasi, ya tentunyaitu semua tergantung dengan ukuran layar.

18 Windows 10 

Sistem operasi ini ialah tanggapan dari keluhan para pengguna Windows 8, alasannya sistem operasi ini telah menggabungkan sebuah tampilan interface windows 7 dengan tampilan interface windows 8, tentunya di kemas dalam bentuk yang sangat bagus, mempunyai tampilan interface yang menarik diperkenalkan pada 30 semptember 2014, namun mulai dirilis 29 juli 2015.

Sistem operasi ini mempunyai sistem keamanan yang baik, alasannya menjadi prioritas microsoft, selain itu windows 10 juga mendukung beberapa device, dengan menyebarkan ukuran layar. walaupun di dalam sistem operasi ini memilki windows store sendiri, namun jadwal aplikasi di dalam windows store masih terbilang dikit, sealin itu juga sang pengembang, sering sekali mengadakan update windows, yang mungkin bagi sebagian orang, sangat merepotkan.

Demikian ulasan yang sanggup saya berikan kepada anda, dan jangan lupa untuk follow Account G+ untuk mendapat update artikel seputar android dan pc serta teknologi yang pastinya menarik untuk anda ketahui dan tolong share artikel ini.
loading...

Berlangganan artikel terbaru via email (GERATIS):

0 Response to "Evolusi Microsoft Windows Dari Masa Ke Masa"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog Assalam Link :
1. Kalimat/Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk dan Jenisnya.
4. Link Aktif/Mati, Tidak Dipublikasikan dan Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Lihat Juga Di Sini & Terima Kasih Sudah Melihatnya
Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...