-->

Cara Menciptakan Jaringan Lan, Tutorial Jaringan Komputer Mudah

Cara Membuat Jaringan LAN, Tutorial Jaringan Komputer Mudah - Jaringan LAN merupakan jaringan komputer local yang dipakai untuk area terbatas menyerupai rumah ataupun sekolah.

Jaringan LAN sangat gampang dibentuk sebab hanya membutuhkan beberapa peralatan dan setting pada komputer. (Baca Juga: Trik Mengatasi Komputer/Laptop Lemot) Kali ini aku akan menawarkan artikel singkat 'cara membuat lan sendiri' pada windows 7

Cara Membuat Jaringan LAN dengan Mudah

Alat untuk membangun sebuah jaringan LAN

  1. Router
    Router ialah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN
  2. Switch
    Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN
  3. Ethernet Card
    Ethernet card ialah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer sanggup tersambung menuju jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi.
  4. Ethernet Cable
    Yaitu kabel yang dipakai untuk menghubungkan komputer ke router atau sanggup juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 mempunyai 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight dipakai untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross dipakai untuk menyambungkan komputer pribadi dengan komputer.
  5. Modem
    Jika anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka anda juga harus membeli sebuah modem. Jika anda tidak membeli sebuah modem, maka komputer anda hanya sanggup berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut.
  6. Peralatan lain
    Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter.
    Crimping tool dipakai untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. LAN tester dipakai untuk testing kabel LAN telah berfungsi atai tidak. Sebagai alternatif untuk mempercepat ataupun mempermudah pekerjaan anda, anda sanggup meminta tolong kepada penjual kabel ehternet contohnya untuk sekaligus memasangkan RJ-45 sehingga anda tinggal memasangkan kabel-kabel tersebut menuju router dan komputer.
Sebelum menyiapkan peralatan di atas. sangat disarankan anda melaksanakan perencanaan terlebih dahulu, yaitu mencakup jumlah komputer, luas area, dengan begitu anda sanggup menciptakan rancangan kabel yang efektif sehingga sanggup menghemat biaya yang dibutuhkan.

Anda bia memakai software menyerupai paint untuk menciptakan rancangan penataan jaringan LAN Anda. Setelah itu, barulah anda beli perlengkapan yang diharapkan dan pasangkan perlatan-peralatan di atas.

Berikut ialah model yang akan kita pakai untuk membangun jaringan LAN (bisa juga untuk Warnet). sumber gambar (microsoft.com)

 merupakan jaringan komputer local yang dipakai untuk area terbatas menyerupai rumah ataupu Cara Membuat Jaringan LAN, Tutorial Jaringan Komputer Mudah
  1. Adalah Internet
  2. Adalah modem sekaligus Router yang menghubungkan komputer server menuju internet
  3. Komputer server
  4. Switch
Setelah hardware terpasang, kini ialah tahap untuk setting software. setting ini mencakup instalasi OS, setting network connection, konfigurasi TCP/IP address, terakhir ialah uji coba jaringan yang telah anda pasang.

Mengaktifkan Internet Connecting Sharing

ICS bertujuan untuk membagikan koneksi internet komputer host menuju komputer lainnya.
Untuk mengaktifkan ICS pada komputer server,  silahkan buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, Klik kanan pada koneksi yang ingin anda bagikan, klik Properties, klik tab Sharing,  kemudian centang kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, simpan.

Oke, hingga tahap ini, hanya komputer server yang sanggup terhubung ke internet
Setelah koneksi dibagikan, maka masing-masing komputer harus mendapat IP address. Caranya,
  1. buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center. 
  2. Klik kanan pada Koneksi LAN, Klik Properties
  3. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), kemudian pilih properties
  4. klik Obtain an IP address automatically atau Obtain an IPv6 address automatically.
loading...

Berlangganan artikel terbaru via email (GERATIS):

0 Response to "Cara Menciptakan Jaringan Lan, Tutorial Jaringan Komputer Mudah"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog Assalam Link :
1. Kalimat/Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk dan Jenisnya.
4. Link Aktif/Mati, Tidak Dipublikasikan dan Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Lihat Juga Di Sini & Terima Kasih Sudah Melihatnya
Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...