-->

Cara Mereset Ulang Handphone Android

Assalam Link - Reset Ulang Handphone/Tablet Android, Memiliki Hp atau Tablet tentu tidak selamanya baru dan fresh. Seiring dengan waktu pemakaian akan mengalami pengurangan nilai, termasuk bentuk, baik itu bentuk di bagian luar maupun bentuk bagian dalamnya. Selain itu, beberapa waktu setelah pemakaian tentu akan ada yang namanya kurang kinclong dari segi penampilan, dan kurang optimalisasi dari segi sistem aplikasi. Atau dengan kata lainnya, sistem aplikasi mulai melambat untuk melakukan fungsi dan tujuannya masing-masing.
Aplikasi tidak bekerja secara optimal disebabkan dari barbagai hal, di antara lain, mungkin karena aplikasi terinveksi virus, aplikasi sudah kadaluarsa dan butuh untuk di upgrade/diperbaharui, ataukah karena masalah teknis lainnya.
Assalam Link - Reset Ulang Handphone/Tablet Android, Memiliki Hp atau Tablet tentu tidak selamanya baru dan fresh. Seiring dengan waktu pemakaian akan mengalami pengurangan nilai, termasuk bentuk, baik itu bentuk di bagian luar maupun bentuk bagian dalamnya. Selain itu, beberapa waktu setelah pemakaian tentu akan ada yang namanya kurang kinclong dari segi penampilan, dan kurang optimalisasi dari segi sistem aplikasi.  Atau dengan kata lainnya, sistem aplikasi mulai melambat untuk melakukan fungsi dan tujuannya masing-masing. Aplikasi tidak bekerja secara optimal disebabkan dari barbagai hal, di antara lain, mungkin karena aplikasi terinveksi virus, aplikasi sudah kadaluarsa dan butuh untuk di upgrade/diperbaharui, ataukah karena masalah teknis lainnya.  Jika beberapa hal terjadi disebabkan beberapa faktor di atas, terkadang Handphone atau Tablet lelet/lambat dalam proses pembuaan beberapa aplikasi, dan hal itu terkadang membuat jengkel, apalagi ketika hendak di gunakan untuk suatu keperluan yang penting.  Untuk solusi, jika itu hanya terjadi pada sistem/aplikasi dan bukan permasalahan pada mesin, kita bisa mengatasinya dengan cara mereset ulang Hp/Tablet yang kita punya.
(Gambar/Foto : id.wikipedia.org)
Jika beberapa hal terjadi disebabkan beberapa faktor di atas, terkadang Handphone atau Tablet lelet/lambat dalam proses pembuaan beberapa aplikasi, dan hal itu terkadang membuat jengkel, apalagi ketika hendak di gunakan untuk suatu keperluan yang penting.
Untuk solusi, jika itu hanya terjadi pada sistem/aplikasi dan bukan permasalahan pada mesin, kita bisa mengatasinya dengan cara mereset ulang Hp/Tablet yang kita punya.
Sistem kerja reset handphone, tablet ini, hanya diperbaharui dan diperbaiki sama pada saat baru dibeli, artinya sistem aplikasi-nya sama dengan halnya pada saat baru keluar dari pabriknya, dan kembali lagi ke bentuk semula.
Langkah-langkah ini biasa disebut dengan Recovery Mode Android.

Recovery Mode Android
Recovery Mode Android ini pada dasarnya adalah salah satu menu pada Handphone Android yang bisa digunakan untuk memperbaiki sistem yang rusak pada Software Android.
Meperbaharui sistem aplikasi software dapat langsung memberbaiki sistem aplikasinya tanpa melakukannya dengan cara Recovery, tapi menggunakan pihak ketiga, misalnya dengan menggunakan ClockwordMod Recovery atau xRecovery.
Reset ulang tersebut bisa juga dilakukan melalui menu Setting (Pengaturan) > Privacy (Pribadi) > Factory Data Reset (Reset Data Pabrik).

Tetapi kalau tetap tidak berfungsi, tidak mau start dan tetap tidak mau masuk ke menu, maka Recovery Mode Android inilah yang harus dicoba, dengan cara melakukan Factory Reset.
Apabila Anda mengalami beberapa hal berikut ini, maka Handphone Android Anda perlu dilakukan Recovery Mode, yaitu misalnya :
  • Ketika handphone Anda hanya bisa boot loop Android, itu artinya tidak bisa masuk/memulai secara sempurna dan hanya sampai pada logo saja. Hal itu biasanya disebabkan karena ada aplikasi yang rusak/error, sebab sudah menginstal aplikasi yang tidak disupport dengan tipe/sistem handphone.
  • Ketika lupa PIN atau Password yang Anda buat untuk keamanan.
  • Ketika Hp Anda tidak bisa sama sekali merespon, misalnya layar tidak bisa di sentuh, ataukah sering lambat-lambar (lelet).
  • Ruang kapasitas penyimpanan Hp anda sudah penuh, karena banyaknya aplikasi yang terinstal, atau karena sering mendownload data, file, gambar, video, dan lain sebagainya.
  • Beberapa aplikasi sudah usang, rusak, dan harus diperbaharui.
  • Atau kerusakan-kerusakan software maupun kerusakan aplikasi lainnya.
Dengan beberapa hal tersebut di atas, maka perlu dilakukan Factory Reset, melalui Factory Mode Android.
Tetapi harus DIINGAT yaitu perhatikan baterai Handphone Anda sebelumnya, usahakan baterainya cukup (minimal 70%) untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Selain itu lakukan pengamanan terhadap semua data-data penting Anda, seperti data, file, foto, musik, video, film, dan lain sebagainya yang dianggap penting (BACKUP SEMUA DATA ANDA).

Langkah Reset Recovery Mode
Untuk langkah-langkah melakukan reset (recovery mode) handphone Anda, yakni sebagai berikut :
  • Langkah pertama, Matikan Handphone, Smartphone atau Tabletnya yang akan direset. Pencet dan tahan tombolnya pada saat yang bersamaan (seperti misalnya pada Samsung Galaxy Young S5360), tekan Tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan, kemudian Anda akan masuk ke dalam Recovery Mode. Lalu akan muncul di layar handphone Anda tersebut kurang lebih sama dengan gambar berikut ini :
Untuk langkah-langkah melakukan reset (recovery mode) handphone Anda, yakni sebagai berikut : Langkah pertama, Matikan Handphone, Smartphone atau Tabletnya yang akan direset. Pencet dan tahan tombolnya pada saat yang bersamaan (seperti misalnya pada Samsung Galaxy Young S5360), tekan Tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan, kemudian Anda akan masuk ke dalam Recovery Mode. Lalu akan muncul di layar handphone Anda tersebut kurang lebih sama dengan gambar berikut ini :  Pada langkah kedua ini, setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, silahkan pilih fitur "Wipe Data/Factory Reset" terletak pada urutan ketiga dalam menu pilihan. Untuk memilik menu gunakan tombol Volume Up jika untuk memilih menu ke bagian atas, dan gunakan tombol Volume Down untuk memilih menu ke bagian bawah. Setelah itu selesai, silahkan hidupkan ulang (restart) dan reset Handphone Anda. Semua proses restart selesai, maka aplikasi Handphone Anda sudah berubah sama pada saat baru keluar dari pabriknya.
(Gambar/Foto : http://perilian.blogspot.com/)
  • Pada langkah kedua ini, setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, silahkan pilih fitur "Wipe Data/Factory Reset" terletak pada urutan ketiga dalam menu pilihan. Untuk memilik menu gunakan tombol Volume Up jika untuk memilih menu ke bagian atas, dan gunakan tombol Volume Down untuk memilih menu ke bagian bawah. Setelah itu selesai, silahkan hidupkan ulang (restart) dan reset Handphone Anda. Semua proses restart selesai, maka aplikasi Handphone Anda sudah berubah sama pada saat baru keluar dari pabriknya.
Bagaimna mudah bukan...??
Itulah beberapa dari sekian banyak cara atau trik tersendiri untuk melakukan reset ulang Handphone android. Salah satunya yang di posting oleh sahabat blogger lainnya : helodroid.com
Dan semoga postingan tentang Cara Mereset Ulang Handphone Android ini semoga bisa membantu Anda. Dan semoga bermanfaat buat sobat-sobat sekalian.
loading...

Berlangganan artikel terbaru via email (GERATIS):

0 Response to "Cara Mereset Ulang Handphone Android"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog Assalam Link :
1. Kalimat/Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk dan Jenisnya.
4. Link Aktif/Mati, Tidak Dipublikasikan dan Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Lihat Juga Di Sini & Terima Kasih Sudah Melihatnya
Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...